Depot Bola official website | Members area : Register | Sign in

Timnas Tetap Gunakan Lambang Garuda

Wednesday, December 15, 2010

Share this history on :
Depot Bola - Timnas sepak bola Indonesia tetap akan menggunakan kostum berlambang Garuda Pancasila pada pertandingan semifinal Piala AFF 2010 melawan Filipina di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/12/2010) meski muncul gugatan dari pengacara David M L Tobing.

Sekjen PSSI Nugraha Besoes di Jakarta, Rabu (15/12/2010) mengatakan bahwa pihaknya sangat menyesalkan gugatan yang diajukan itu. Namun demikian, untuk menyelesaikan polemik akan penggunaan logo lambang negara itu pihaknya telah melakukan konsultasi ke DPR.

"Saya telah melakukan konsultasi dengan DPR. Mereka telah meminta untuk jalan terus dan tetap bermain dengan lambang Garuda," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut Nugraha, adanya gugatan atas penggunaan lambang negara di kostum timnas sama saja dengan melucuti senjata menjelang perang. Pihaknya berharap kondisi itu tidak mengganggu konsentrasi pemain menjelang bertanding.

"Kenapa baru sekarang ada gugatan. Kita juga pakai lambang Garuda sejak Piala Asia 2007 lalu dan tidak ada masalah. Lambang Garuda juga tidak hanya digunakan di turnamen AFF saja," katanya.

Pria yang akrab dipanggil Kang Nug menegaskan, seharusnya yang ada saat ini bukan gugat menggugat, namun yang diharapkan adalah memberikan dukungan penuh kepada timnas agar mampu bermain maksimal.

Gugatan David M L Tobing dilayangkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dua hari menjelang pertandingan pertama semifinal Piala AFF 2010. Pengacara tersebut menilai penggunaan lambang Garuda di kostum timnas telah melanggar UU Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Mereka yang digugat oleh pengacara tersebut adalah Presiden RI, Mendiknas, Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga, perusahaan Nike, dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

(berita8.com)

Related News

0 comments:

Post a Comment