Depot Bola official website | Members area : Register | Sign in

Malaysia Angkat Trofi Juara AFF 2010

Thursday, December 30, 2010

Share this history on :
Depot Bola - Timnas Malaysia akhirnya mengangkat trofi juara Piala AFF 2010  untuk pertama kalinya. Pertandingan final leg kedua tersebut berlangsung di stadion Gelora Bung Karno, Indonesia., Rabu (29/12/2010). Meskipun kalah 2-1, namun Malaysia tetap menjadi juara karena unggul agregat 4-2 atas Indonesia.

Sejak menit-menit awal pertandingan Indonesia tampil menekan Malaysia melalui kedua pemain sayapnya, Arif Suyono dan M. Ridwan. Tekanan tersebut berbuah hasil di menit ke-18, Indonesia  mendapatkan  hadiah penalti. setelah bek Malaysia, Mohd. Sabre , terlihat menyentuh bola di kotak penalti Malaysia.

Penalti diambil olah kapten Timnas Garuda, Firman Utina. Namun sayang Pemain bernomor punggung 15 tersebut malah gagal mengeksekusi penalti dan membuang kesempatan untuk unggul. Skor pun tak berubah,  masih tetap 0-0 dan terjaga sampai turun minum.

Di babak kedua Indonesia tetap tampil menyerang guna mengejar defisit gol 0-3.  Keasyikan menyerang, malah membuat pertahanan Indonesia lengah. Malaysia memanfaatkan kelengahan tersebut dan berhasil mencuri gol pada menit ke-71 melalui Mohd Safee. Gol ini sekaligus memantapkan Safee sebagai top skor Piala AFF 2010 dengan torehan 5 gol.


Setelah gol tersebut Indonesia mencoba bangkit. Alfred Riedl melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Bambang Pamungkas dan Eka Ramdani untuk menambah variasi serangan. Strategi ini akhirnya berbuah manis, Indonesia berhasil menyarangkan 2 gol ke gawang Malaysia yang dikawal oleh Khairul Fahmi.

Dua gol Indonesia tersebut dicetak oleh M.Nasuha di menit ke-71 dan M.Ridwan di menit ke-88 . Namun  gol-gol hanya mampu membuat skor menjadi 2-1 dan tak cukup mengejar agregat gol Malaysia.

Kekalahan ini membuat Indonesia 4 kali gagal juara di final, namun Timnas Garuda patut berbangga karena Sang kapten, Firman Utina, berhail menyabet gelar pemain terbaik di Piala AFF 2010 ini.

(afa)

Related News

0 comments:

Post a Comment